Jumat, 21 November 2014

Konjen Tiongkok Zhu Honghai 朱洪海 Kunjungi Candi Muarojambi

 
JAMBI, ayojambi.com - Gubernur Jambi H, Hasan Basri Agus menerima kunjungan Konsul Jenderal (Consulate) Republik Rakyat Cina bagian wilayah sumatera Zhu Honghai 朱洪海 yang berkantor di Medan (SUMUT), kehadiran Zhu Honghai di Jambi didampingi beberapa staf, diantaranya Mr. Liu Weiguo (Konsul) 刘威国, Mrs. Zhang Shengli (Konsul) 張晟黎, dan Ms. Guo Jingjian 郭景見 (Konsul Atase) [Lihat Foto Album 3: Konjen Tiongkok Di Jambi].
Kedatangan Konjen Tiongkok selain silaturahmi dengan tokoh masyarakat Tionghoa Jambi, mereka juga melakukan kunjungan ke Komplek Candi Muarojambi dan audiensi dengan Gubernur Jambi Hasan Basri Agus, Kapolda Jambi Brigjen Pol Bambang Sudarisman dan Walikota Jambi H. SY. Fasha, ME [Lihat Foto Album 2: Konjen Tiongkok Di Jambi].

Zhu Honghai sangat mengkagumi Candi Muarojambi yang mana Candi Muarojambi merupakan salah satu peninggalan sejarah karena adanya kaitan antara keberadaan situs dengan penyebaran ajaran Buddha yang cukup terkenal bahkan terbesar di asia tenggara [Lihat Foto Album 1: Konjen Tiongkok Di Jambi].

Menjelaskan bahwa keberadaan Candi Muaro Jambi ini merupakan salah satu bukti bahwa, banyak sekali benda peninggalan sejarah yang terdapat di Provinsi Jambi seperti “Guci guci peninggalan Cina yang banyak ditemukan.

Situs percandian Muarojambi yang terletak di Desa Muara Jambi, Kecamatan Marosebo, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, tidak hanya dikenal oleh masyarakat di lingkungan Provinsi Jambi, kini situs yang luasnya dua puluh kali lebih luas dari Candi Borobudur di Jawa Tengah dan dua kali lebih luas dari Kompleks Candi Angkor Wat di Kamboja

Selama berada di Jambi, rombongan Konjen Tiongkok didampingi Ketua YKS Ronny Attan 陳鏡光, Wakil Ketua YKS Darman Wijaya 黄春回 dan Mulyadi 蔡柏昭, Supriyanto Kang 江榮祿, mereka di jamu makan, diantaranya dari Yayasan Kesejahteraan Sentosa (YKS) Jambi, Perkumpulan Aneka Kesejahteraan (ANKE) Jambi dan Perkumpulan Teo Chew (YTC) Jambi. (Romy)
* www.ayojambi.com/