Jumat, 21 November 2014

Zhu Honghai 朱洪海 Harap Secepatnya Candi Muarojambi Sebagai Warisan Dunia

JAMBI, ayojambi.com – Bertempat di Viproom bandara Sultan Thaha Jambi, Konsulat Jenderal Republik Rakyat Cina (RRC) Zhu Honghai 朱洪海 mengharapkan agar Secepatnya Candi Muarojambi Sebagai Warisan Dunia (World Heritage) oleh Unesco dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Amerika Serikat (22/11), karena Komplek Candi Muarojambi memiliki petensi sebagai objek wisata dunia dan Zhu Honghai akan memperkenalkan dinegaranya (Tiongkok).
Untuk menjadi Warisan Dunia (World Heritage) tentu tidak semudah apa yang kita bayangkan, dan perlu ada kerja sama antar antara Indonesia dengan Tiongkok dan India, imbuh Honghai.
Situs Kepurbakalaan Muarojambi ini telah didaftarkan ke organisasi internasional UNESCO di PBB sebagai salah satu Warisan Dunia oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi pada tahun 2009. Upaya ini dilakukan agar situs kepurbakalaan ini menjadi salah satu bangunan yang menjadi warisan dunia. Candi Muaro jambi ini telah menjadi nomor satu dari sekian banyak kekayaan kebudayaan yang ada di Indonesia yang diajukan sebagai warisan dunia ke UNESCO. Candi Muarojambi mendapatkan nomor registrasi 5695.

Situs Percandian Muaro Jambi terletak di Desa Muaro Jambi, Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi. Dari Kota Jambi, situs ini lebih kurang berjarak 40 kilometer dan dapat ditempuh melalui jalan darat atau sungai. (Romy)
* www.ayojambi.com/