Sabtu, 15 November 2014

Mama Ai Rin Mandikan Rupang Se Mien Fo

JAMBI, ayojambi.com – Sebelum upacara memperingati Hari Kelahiran Se Mien Fo (四面佛) terlebih dahulu rupang Se Mien Fo/ Dewa Empat Muka “Phak Phom”. Tidak sembarangan orang yang boleh memandikan rupang Se Mien Fo,! Maka sebelum prosesi permandian di mulai, terlebih dahulu, Mama Ai Rin melakukan sembahyang di depan altar Phak Phom “Se Mien Fo” untuk meminta ijin dan restu siapa yang akan ditujuk Phak Phom “Se Mien Fo” untuk memandikan rupangnya, ternyata Mama Ai Rin mendapatkan bisikan gaib, bahwa Mama Ai Rin yang mesti mandikan rupang Se Mien Fo langsung [Lihat foto: Mandi Rupang Se Mien Fo], lantaran yang lain dianggap Se Mien Fo belum bersih dirinya “Setiap orang/ umat yang hendak memandikan rupang Se Mien Fo (Dewa empat muka) terlebih dahulu wajib membersihkan diri dari segala makanan bernyawa, tidak boleh melakukan hubungan suami istri.
Di dalam catatan sutra Buddha alam Pathana Jhana Bhumi terdapat 3 alam yaitu alam Brahma Parisajja, Brahma Purohita dan alam Maha Brahma. "" Se Mien Fo "" yang juga kita kenal sebagai Maha Brahma Sahampati, dalam bahasa Thailand dikenal sebagai "Phra Phom Sin Nei/Pah Pong" penguasa dari alam Maha Brahma yang merupakan alam tertinggi dalam alam Pathana Jhana Bhumi dan merupakan penguasa alam semesta. Dewa Brahma dipanggil sebagai "Se Mien Fo" karena kewelas asihannya yang sangat besar kepada seluruh makhluk hidup, bukan hanya kepada manusia tetapi seluruh makhluk yang berwujud dan tidak berwujud sehingga ia yang dari seorang Dewa kemudian mencapai ke-Bodhi-an.

Phra Phom "Se Mien Fo" memiliki kesaktian yang tidak terbatas, keistimewaan dari Phra Phom ialah menawarkan pertolongan kepada orang yang dengan tulus bersujud dan berdoa kepada-Nya dari seluruh arah serta keyakinan penuh, dan Dia akan dengan senang hati mengabulkan permintaan mereka sehingga terlihat semua hal yang dilakukan manusia adalah adil dan bijaksana.

Phra Phom memiliki empat muka yang melambangkan empat masa penciptaan, delapan telinga yang welas kasih mendengarkan doa dari seluruh makhluk hidup.

Hari Ulang Tahun ”Se Mien Fo” diadakan pada tanggal 09 November setiap tahunnya. Dan ini merupakan hari kelahiran Phak Phom yang sangat dikeramatkan. Berbagai sesajen yang perlu disediakan, adalah :

Bunga 7 warna, Bi Phang, Kacang Potong, Kelapa Muda yang kedua ujungnya sudah dikupas, Air Putih dan Tebu yang masih utuh. Ember yang berisi air kelapa muda dicampur dengan susu bubuk (air kelapa adalah air yang murni dari buah-buahan) serta handuk baru dan gayung yang baru.

Untuk beberapa sesajian diatas merupakan sesajian yang penting dalam upacara besar hari kelahiran ”Se Mien Fo” selebihnya jika hendak mempersembahkan sesajian lain juga boleh, misalnya patung – patung gajah, buah – buahan seperti nenas, apel, pear, jeruk, pepaya Bangkok, dan sebagainya.

Seusai dimandikan rupang Se Mien Fo (Dewa empat muka) di lappakai handuk bersih terus di hiasi bunga-bunga yang diuntai khusus didatangkan dari Thailand (Romy)
* www.ayojambi.com/