Minggu, 09 November 2014

Waspada, Toko Ini Perlu Dihindari Saat Belanja Di Singapura



Merdeka.com - Publik Singapura sedang geger. Beredar foto dan video soal turis asal Vietnam yang digetok oleh pedagang nakal di Kawasan Slim Lim Square, Jalan Rochor Canal, Singapura.
Pria bernama Pham Van Thoai itu mengalami pengalaman tak mengenakkan saat membeli iPhone 6 di toko Mobile Air, seperti dilansir Stasiun Televisi Channel News Asia, Kamis (6/11). Toko itu terletak di Slim Lim, pusat belanja produk elektronik berharga miring, mirip Glodok di Jakarta.

Ceritanya, turis nahas ini membeli ponsel anyar buatan Apple itu dengan harga normal USD 950 (setara Rp 11,5 juta). Tapi, karena tidak bisa berbahasa Inggris, dia dipaksa menandatangani dokumen, isinya mewajibkan Pham membayar garansi USD 1.500 (setara Rp 18 juta). Kalau tidak dibayar tunai, ponsel tersebut tak boleh dia bawa pulang.

Menyadari kena trik sang pedagang nakal, Pham minta uangnya dikembalikan. Dia sampai menangis dan menyembah-nyembah, tapi pegawai Mobile Air malah menertawakannya.

Bersama pacarnya, Pham lapor polisi. Tapi setelah kasus ini ditangani Asosiasi Konsumen Singapura (CASE), pria Vietnam itu cuma mendapat pengembalian uang USD 400.

CASE beralasan secara hukum Mobile Air tidak salah, apalagi Pham terlanjur tanda tangan dokumen yang merugikan tersebut.

Toko elektronik ini memang dikenal nakal. Selama Agustus-Oktober, sudah ada 25 keluhan pelanggan yang masuk ke CASE. Publik Singapura marah di media sosial, karena toko itu dianggap merusak reputasi satu negara di mata turis asing. Adapun setelah kasus ini ramai, sejak tadi malam Toko Mobile Air tutup tanpa keterangan jelas.

Merujuk data CASE, bila anda ingin belanja barang elektronik di Slim Lim, hindari kios-kios berikut:

Mobile Air Pte Ltd
Mobile 22 Pte Ltd
Gadget Terminal Pte Ltd
Mobile Apps Pte Ltd
Mobile Planet Pte Ltd

Dari temuan tersebut, hindari juga berbelanja di lantai lima (5) dan enam (6) Mal Slim Lim. Pengelola pusat belanja itu mengklaim, cuma segelintir pedagang saja yang nakal. Selebihnya, ada 473 kios bagi turis berbelanja dengan harga miring.

http://www.merdeka.com/dunia/waspada-toko-ini-perlu-dihindari-saat-belanja-di-singapura.html
* www.ayojambi.com/