Kamis, 05 Maret 2015

Puluhan Ribu Warga Sambut Festival Cap Go Meh Di Jambi


JAMBI, ayojambi.com - Puluhan ribu warga kota Jambi dari berbagai elemen berbaur memadati kawasan koni untuk mengikuti festival perayaan Malam Cap Go Meh [Lihat Gambar: Cap Go Meh] yang digelar oleh umat Khonghucu di Jambi, perayaan malam Cap Go Meh selain dihadiri warga kota Jambi dan sekitarnya, juga dihadiri warga dari Sumatera Selatan (Palembang), Batam dan Pakanbaru (Riau).
"Sekitar puluhan barisan pembawa bendera kebesaran para roh suci, Lampion, kursi tandu singasana para dewa, Barongsai, Liong.” (5/3).

Bahkan puluhan ribu warga memadati perkampungan Tionghoa (China Town) untuk menyaksikan malam Cap Go Meh, acara tersebut diikuti 12 Tandu (kio) dan 10 kitong turun ke jalan meramaikan prosesi tersebut.

Menariknya perayaan yang selalu dipadati warga itu, selain pesta kembang api, juga  pelepasan 200 buah lampion terbang di MAKIN Kelenteng Sai Che Tien  印尼占碑省獅仔殿廟宇 dan MAKIN Kelenteng Leng Chun Keng 印尼占碑省龍春宮廟宇. Cap Go Meh sendiri merupakan prosesi keagamaan Khonghucu sebagai bagian dari akhir perayaan Tahun Baru Imlek 2566 Kongzili. (Romy)
* www.ayojambi.com/