Selasa, 21 April 2015

Sejit Hian Thian Siong Tee




JAMBI, ayojambi.com –Selasa (21/4) pagi ratusan umat Khonghucu kota Jambi mengikuti prosesi sembahyang memperingati sejit shen ming (Ultah) Hian Thian Siang Tee (玄天上帝生日) yang  digelar Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) Kelenteng Hok Sin Tong (福神堂) di RT. 23 Kelurahan Lebakbandung, Kecamatan Jelutung.
Kelenteng Hok Sin Tong  termasuk salah satu Kelenteng yang usianya cukup tua di Kota Jambi sebagai pusat perayaan Sejit Hien Tien Siong Tee, karena Kelenteng tersebut memiliki altar utama shen ming (roh suci dewa) Hien Tien Siong Tee yang didirikan pada tahun 1946 dengan ukuran dalam ruangan 12X8 meter dan direnovasi pada tahun 1986.

Mengingat jasa para suci shen ming Hian Thian Siang Tee (玄天上帝) yang berkharisma serta telah banyak membantu berbagai lapisan masyarakat dunia, maka tidak heran di setiap perayaan ulang tahun (sejitnya) dan kho khun warga tionghoa yang memeluk kepercayaan Khonghucu selalu membanjiri Kelenteng-Kelenteng diseluruh tanah air bahkan di dunia.

Di dalam ulang tahun shen ming Hian Thian Siang Tee (玄天上帝生日) kali ini dilaksakan secara sederhana, tujuan utama sembahyang adalah memohon berkah dari sang pencipta alam semesta. Ujar Darman Wijaya, “Ini hari di kelenteng kita secara sederhana dengan memohon pelindungan dari para suci agar negara bisa aman sentosa dan rakyat bisa hidup sejahtera” ujar Darman disela istirahat sembahyang.

Menurut Ketua Makin Kelenteng Hok Sin Tong, yang dipercaya sebagai Ketua Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) di Provinsi Jambi, selain itu, Darman Wijaya yang juga Ketua Pengprov Persatuan Xiangqi Indonesia (DPD-PEXI) Jambi.

Selain sembahyang Sejit Hien Tien Siong Tee di Kelenteng Hok Sing Tong, MAKIN Kelenteng Leng Chun Keng (龍春宮) di Jalan Koni I, Kelurahan Talangjauh, Kecamatan Jelutung juga memperingati Sejit Hien Tien Siong Tee.

Di Keleteng Leng Chun Keng (龍春宮), nampaknya umat Khonghucu lebih banyak melakukan komunikasi dengan para roh suci dewa melalui jasad para Khi Tong (tatung), mereka (umat banyak yang meminta obat).

Seusai upacara sejit Hian Thian Siang Tee (玄天上帝) dan kho khun semua persembahan dari umat dikumpulkan dan dimasak selanjutnya dimakan bersama, menurut kepercayaan umat Khonghucu dengan memakan hidangan dari sembahyang itu umat akan mendapatkan berkah dari sang shen ming (dewa).(Romy).