Selasa, 25 Agustus 2015

PB Pexi Sukses Menyelenggara Kejurnas Xiangqi Ke-XIII Di Jakarta

 Sambutan Ketua Umum PB PEXI, Anton Gozelie, S. Kom
Sambuatn pejabat pelaksanaan harian (Plh Deputi Industri Olahraga 
Kementerian Pemuda dan Olahraga Thobias Tobulau
Peresmian Kejurnas Xiangqi dengan langkah buah Xiangqi oleh 
Thobias dan Ekawahyu yang disaksikan oleh tamu undangan.
 Penyerahan Tropy Bergilir dari Ketua Pengprov DKI kepada Ketum PB PEXI
 Ketua Umum PB PEXI menyerahkan Tropy bergilir kepada panitiua pelansana
JAKARTA, ayojambi.com – Agenda tahunan Persatuan Xiangqi Indonesia (PEXI) sukses dilaksanakan oleh induk organisasi Xiangqi Indonesia, acara Kejuaraan Nasional Xiangqi Ke-XIII digelar di Hotel Amaris Season City Jakarta dari tanggal 21-25 Agustus 2015. Kejurnas Xiangqi dibuka pejabat pelaksanaan harian (Plh Deputi Industri Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Thobias Tobulau, didampingi Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan KONI Pusat Ekawahyu Kasih, membuka Kejuaraan Nasional ke-XIII Xiangqi (Catur Gajah), Jumat (21/8) malam. Acara pembukaan dengan pemukulan gong dilanjutkan seremonial langkah pertama Xiangqi oleh Thobias dan Ekawahyu yang disaksikan oleh para hadirin dan tamu undangan [Lihat Gambar: Kejurnas Xiangqi Ke XIII].
Kejurnas Xiangqi Ke XIII diikuti 15 utusan daerah, diantaranya dari Sumut, Sumsel, Jambi, Lampung, Riau (Pakanbaru), Kepri (Batam), Babel, DKI, Banten, Jabar, Jateng, Jatim, Bali, Kalbar dan Kaltim, masing-masing peserta diwakili 3 orang pemain. Kejurnas Xiangqi kali ini dibuka oleh pejabat pelaksanaan harian (Plh Deputi Industri Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Thobias Tobulau, karena Kejurnas Xiangqi Ke XIII dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga didampingi Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan KONI Pusat Ekawahyu Kasih, selain itu, acara pembukaan dihadiri Agggota DPR RI Telly Gozelie, SE, Asisten Walikota Jakarta Barat HM Andi, dan tokoh masyarakat. Tidak ketinggalan pembukaan Kejurnas Xiangqi Ke-XIII dihadiri Dewan Pelindung PB PEXI Brigjen TNI Purn. Tedy Jusuf, dan Bunyanto Eka Cendana. Namun dibalik kesuksesan Kejurnas masih terdapat hal-hal yang perlu diperbaiki oleh panitia pelaksana dikemudian hari.

Dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi yang dibacakan oleh Thobias di hadapan ratusan peserta kejuaraan, bahwa hakekat pembangunan manusia Indonesia yang melalui olahraga sebagaimana diungkapkan oleh Bung Karno adalah membangun manusia dan masyarakat baru ke dalam kerangka nation and character building.

Kemudian mantan Presiden Soeharto mencanangkan panji olahraga yang dikenal "memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat", dengan harapan membentuk manusia Indonesia yang sehat dan bugar, baik jasmani, rohani, sosial dan berwawasan nasional yang mencerminkan manusia Indonesia seutuhnya.

Sementara itu, Ekawahyu, dalam sambutannya mewakili KONI Pusat berharap, kegiatan Kejuaraan Nasional Xiangqi ini merupakan salah satu kalendar rutin ini dapat terus melahirkan para atlet Xiangqi berprestasi yang dapat mengangkat harkat martabat bangsa selain dapat bermanfaat untuk membina kebersamaan dan solidaritas diantara peserta.

"Kedepannya, kami berharap PB PEXI juga dapat menjadi anggota KONI, dan KONI Pusat akan membantu serta memfasilitasi hal-hal maupun kondisi yang diperlukan untuk dapat terwujudnya PEXI menjadi anggota tetap KONI."

Anton Gozelie, selaku Ketua Umum PB PEXI mengatakan, event ini rutin digelar. Tahun ini penyelenggaranya adalah Pengurus Besar (pusat) dilangsungkan di Jakarta, dan spesial, karena dibuka langsung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga dan KONI Pusat.

Anton juga mengatakan akan berjuang agar Xiangqi dapat menjadi anggota KONI, dan mengucapkan selamat bertanding untuk para peserta dengan penuh semangat dan menampilkan kemampuannya serta menjunjung tinggi asas sportivitas dan fairplay dalam setiap babak pertandingan yang dilangsungkan selama 4 hari. (Romy)