Selasa, 24 November 2015

Peresmian Kelenteng Leng Chun Keng Jambi

占碑龍春宮新廟啟用典禮
JAMBI, ayojambi.com - Ada pemandangan yang tidak biasa dan berbeda waktu masuk Jalan Koni 1, karena kedua sisi jalan terpasang berbagai umbul-umbul, lampion serta balon  Peresmian Kelenteng Leng Chun Keng 占碑龍春宮 [Lihat Gambar Peresmian Kelenteng Leng Chun Keng Jambi].
Sebelum acara peresmian, pada Senin (23/11) dini hari, Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) Kelenteng Leng Chun Keng Jambi melakukan pengisihan roh suci (開光) terhadap lima She Ren (dewa) yang baru, juga pengisihan 9 roh suci Kim Sin (開光) yang lama, diantaranya 順平聖侯 (Sun Ping Sing He), 廣澤尊王 (Kong Tek Chun Ong), 南海觀音 (Nan Hai Kwan Im) dan 玄天上帝 (Hien Tien Siong Te. Pengisihan roh para suci dipimpin oleh Lim Ze Cheng taoshe dari Tiongkok (中国道士林泽承), selain itu ada Kai Kwang Men Shen (開光門神), Kim Tan (tempat pembakaran kertas sembahyang).

Acara juga dimeriahkan aneka hiburan, seperti karauke, atraksi barongsai, pemutaran film Sam Kok dan jamuan makan bersama, acara dari 22 sampai 27 Nopember 2015.

Kelenteng Leng Chun Keng 占碑龍春宮 merupakan sebuah tempat ibadah penganut Khonghucu yang bentuk bangunan dan ornamennya terlihat cantik dan anggun berlokasi Jalan Koni 1, Kelurahan Talangjauh, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi. Pembangunan Kelenteng Leng Chun Keng 占碑龍春宮 90 persen material pembangunan kelenteng didatangankan dari Tiongkok. begitu juga dengan asitektur bangunan serta tenaga pekerja (tukang) juga didatangkan dari Tiongkok. (ROMY)
* www.ayojambi.com/