Minggu, 03 April 2016

Ribuan Warga Tionghoa Ziarah Ke Makam Leluhur

JAMBI, ayojambi.com - Sejak pukul 05.00 subuh, ribuan warga Tionghoa Jambi melaksanakan perayaan Ceng Beng (Ziarah) 占碑华人清明 ke makam orangtua, keluarga maupun  leluhur mereka. puncak perayaan Ceng Beng (Ziarah) setiap tahun jatuh pada tanggal 4 atau 5 April [Lihat Gambar Ceng Beng di Jambi].
Di Jambi terdapat dua lokasi tempat pemakaman masyarakat Tionghoa, pertama Jalan Kapten Pattimura KM 7, Kelurahan Rawasari, Kecamatan Kotabaru, kota Jambi dan Taman Pemakaman Tionghoa Pondok Meja Jambi 占碑華人義山, KM 12, Desa Pondok Meja, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muara Jambi. Pemakaman di KM 7 dikelola oleh Yayasan Kesejahteraan Sentosa (YKS) Jambi, sedangkan di KM 12 dikelola oleh Perkumpulan Aneka Kesejahteraan (ANKE) Jambi 占碑安溪公会.

Perayaan Ceng Beng adalah untuk membersihkan makam orangtua, sanak famili maupun leluhur, agar para arwah orangtua, keluarga, maupun leluhur yang telah wafat dapat merasa tentram ditempat peristirahatan terakhir. Warga yang berziarah berdoa dihadapan nisan orangtua/ leluhur mereka sesuai agama kepercayaan serta sesuai dengan tata cara masing-masing. Diatas makam diletakkan kertas kuning kecil memanjang, maupun perlengkapan sehari hari seperti pakaian, minuman, rokok (bagi keluarga laki-laki), uang yang semuanya terbuat dari kertas selain itu juga terdapat berbagai sesajian diantaranya kue merah, bakpao, ikan, daging dan buah-buahan, ada juga yang menyediakan makanan kesukaan orangtua/ leluhur mereka.

Dalam perayaan Ceng Beng, di Taman Pemakaman Tionghoa Pondok Meja Jambi KM 12 lebih tertib dan teratur dari pada di Pemakaman KM 7, karena pemakaman yang dikelola oleh Perkumpulan Aneka Kesejahteraan (ANKE) Jambi 占碑安溪公会.

Menurut penuturan ketua Perkumpulan Aneka Kesejahteraan (ANKE) Jambi 占碑安溪公会 Jambi Alex Sujanto 胡玉志主席, warga yang datang Ceng Beng cukup bayar uang pembersihan makam, tidak ada pungutan uang parkir maupun yang minta-minta uang kepada penziarah “Yang boleh masuk ke pemakaman hanya untuk yang berziarah”. Pungkas Alex yang tidak lain adalah ketua Kelenteng Gi Hong Tong (Romy)
* www.ayojambi.com/