Senin, 01 Agustus 2016

Mahasiswa Arkeologi UI Adakan KKL Di Candi Muaro Jambi

JAMBI, Ayojambi.com - Calon pakar Arkeolog dari Universitas Indonesia (UI) kembali melakukan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Candi Kadaton Jambi, kehadiran para mahasiswa-mahasiswi dari Arkeolog UI disambut oleh Bapak Hidayat (蔡邦勝), tokoh pendiri The Society of Muaro Jambi Temple (The SOMT) di Candi Muarojambi (1/8-2016). Hidayat merupakan satu-satunya pengusaha dari tokoh masyarakat Jambi yang sangat peduli terhadap Cagar Budaya di Jambi [Lihat Gambar: Calon pakar Arkeolog dari Universitas Indonesia (UI) kembali melakukan KKL].

Mahasiswa Arkeologi Universitas Indonesia (UI) Semester VI tahun Akademik 2014, adapun Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Candi Muaro Jambi merupakan kali ke empat, sejak tahun 2013-2016.
Acara KKL diawali pembukaan di Candi Kadaton (1/8), KKL dilakukan selama sepuluh hari dari tanggal 1 sd 11 Agustus 2016.

Dr. Cecep Eka Permana mengatakan bahwa,, peserta KKL UI yang berada di Muaro Jambi yakni berjumlah 50 orang yang terdiri dari 27 mahasiswa yunior, 19 mahasiswa senior, serta 4 dosen dari UI yakni, Karina Arifin, Ph.D., Ingrid HE Pojoh, M.Si., dan Dian Sulistyowati, M.Hum.

Kegiatan utama KKL Arkeolog UI pekan lalu tersebut adalah eskavasi – sebuah metode arkeologi yang bertujuan menemukan kembali sisa-sisa kegiatan manusia masa lalu dengan cara melakukan penggalian. Proses ekskavasi dilakukan di Situs Kedaton, Kawasan Cagar Budaya Muara Jambi. Kawasan tersebut berada sekitar 20 kilometer dari Kota Jambi, atau 30 kilometer dari Ibu Kota Kabupaten Muaro Jambi. (Romy)
* www.ayojambi.com/