Kamis, 25 Agustus 2016

Melilik Upacara Sejit Huat Cu Kong Di Kelenteng Seng Too Kheng

JAMBI, Ayojambi.com - Suasana meriah sejak pagi hari langsung terasa ketika memasuki area Kelenteng Seng Too Kheng di kawasan Jalan Lingkar Timur, Kelurahan Payoselincah, Jambi Timur, kemarin (4/9). Umat Khonghucu tampak ramai melakukan ritual sembahyang (berdoa) di dalam kelenteng tersebut.
Suasana meriah sejak pagi hari langsung terasa ketika memasuki area Kelenteng Seng Too Kheng di kawasan Jalan Lingkar Timur, Kelurahan Payoselincah, Jambi Timur, kemarin (25/8-2016). Umat Khonghucu tampak ramai melakukan ritual sembahyang di dalam kelenteng tersebut.

Tanoto Kusumah, selaku ketua MAKIN Kelenteng Seng Too Kheng, mengatakan bahwa perayaan hari ulang tahun itu diadakan sekali dalam setahun, yang jatuh pada setiap tanggal 23 bulan ketujuh tahun Imlek (kongzeli). “Setiap tahun, pasti dirayakan pada tanggal dan bulan tersebut,” katanya.

Tujuan sembahyang, adalah memohon keselamat kepada Tien (Tuhan), “Kita memohon kepada Tuhan agar melindungi bangsa dan tanah air Indonesia dari segala bencana, keluarga sehat walaufiat, warga masyarakat sejahtera dan usaha lancar.” Imbuh Tanoto Kusumah diselah melayani umat Khonghucu yang baru tiba.

Roh suci Huat Cu Kong merupakan dewa utama di kelenteng itu yang terdiri atas tiga dewa, yakni dewa dengan muka merah, muka hitam, dan muka hijau. “dewa itu merupakan dewa yang ada di kelenteng itu,” katanya.

Prosesi sembahyang shen ming di kelenteng tersebut juga dilakukan tiga tahap. Pertama sembahyang dilakukan di altar utama kelenteng yang menghadap Tien (Tuhan), selanjutnya di dalam altar Huat Cu Kong dan terakhir sembahyang Kho Kun Ciong (sembahyang untuk para pengawal shen ming), kali ini upacara dipimpin rohaniawan dari Matakin Provinsi Jambi, The Lien Teng.

Sembahyang dilakukan pukul 09.00-13.30 WIB, dilanjutkan jamuan makan bersama, tidak ketinggalan diselingi hiburan karaoke.(Romy)* www.ayojambi.com/