Kamis, 18 Agustus 2016

Sembahyang Chit Gwee Pua Di Kelenteng Sai Che Tien Jambi


JAMBI, Ayojambi.com – Bertepatan dengan hari Kemerdekaan Indonesia ke 71 (17/8-2016), Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) Kelenteng Sai Che Tien (占碑獅仔殿孔教會) adakan sembahyang Chiet Gwee Pua, bulan 7 Tanggal 15 menurut Penanggalan Imlek masyarakat Tionghoa dari berbagai pelosok rayakan Zhong Yuan Jie (中元节) dalam bahasa Hok Kien “Chit Gwee Pua 七月半” adalah merupakan hari di mana orang Tionghoa akan mengadakan sembahyang pada arwah leluhur dan arwah-arwah yang berada disekitar lingkungan mereka yang merupakan sebuah tradisi dalam kebudayaan Tionghoa secara turun temurun.
Sembahyang Chit Gwee Pua ini dipimpin oleh rohaniawan MATAKIN Jambi The Lien Teng (鄭連丁) dan rutin dilakukan setiap tahun oleh pengurus MAKIN Sai Che Tien yang beralamat di Jalan Koni 4, Kelurahan Talangjauh, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi, selain pengurus inti Kelenteng, juga dihadiri para pemuda pemudi Khonghucu. Acara tersebut juga dihadiri para pengurus MAKIN Kelenteng Hok Kheng Tong Jambi (印尼占碑福慶堂孔教會).

Menurut Darmadi Tekun (郑建平) Ketua MATAKIN Kota Jambi yang tak lain adalah Ketua MAKIN Sai Che Tien, sembahyang kepada para roh suci (dewa) maupun para leluhur di bulan Chit Gwee Pua (bulan 7, tanggal 15 imlek) dilakukan setiap tahunnya, “ Kita adakan sembahyang bersama di depan altar para dewa dan para leluhur “, ujar Darmadi Tekun.

Perayaan Zhong Yuan Jie atau Ghost Hungry Festival dirayakan di seluruh dunia, kebanyakan dari mereka berasal dari ajaran Khonghucu (孔教會).

Mayoritas warga keturunan Tionghoa, beberapa dari mereka akan mewanti-wanti anak mereka agar tidak keluar rumah di malam hari jika tidak ada keperluan mendesak. (Romy)* www.ayojambi.com/