Rabu, 19 Oktober 2016

KBRI New Delhi Kunjungi Candi Muaro Jambi

JAMBI, Ayojambi.com – Duta Besar Indonesia untuk India Rizali Wilma  Indrakesuma mengunjungi Komplek Percandian Muaro Jambi beserta beberapa staf kedubes, Kehadiran Dubes Indonesia untuk India untuk melihat langsung Candi terbesar di Indonesia yang berada di Muarojambi yang berlokasi di Desa Muara Jambi, Kecamatan Marosebo, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi [Lihat Gambar: KBRI New Delhi Kunjungi Candi Muaro Jambi].
Dalam kunjungan tersebut, Dubes Indonesia untuk India ingin melihat secara dekat Situs purbakala percandian Muaro Jambi yang hampir sama dengan situs di Nalanda India, sekaligus memperkenalkan Candi Muaro Jambi di India (19/10-2016).

KBRI New Delhi Rizali Wilma Indrakesuma didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jambi, Edi Erizon dan petugas dari BPCB (Balai Peninggalan Cagar Budaya) Jambi, kehadiran rombongan disambut oleh wakil Hidayat pendiri The Society of Muaro Jambi Temple (The SOMT).

Rizali, sempat mengunjungi Gedung Koleksi Kawasan Cagar Budaya Muarojambi yang berada di dalam komplek Candi.

Selain itu penyerahan Cinderamata The SOMT kepada Dubes Indonesia untuk India diwakili Kadis Pariwisata Provinsi Jambi, dan pelepasan burung ke alam bebas.

Saat melakukan kunjungan keliling komplek candi Muara Jambi, sang duta besar tersebut merasa terpukau dengan luasnya komplek candi tersebut. Selain itu dirinya juga menyatakan sangat kagum, karena tempat orang-orang India (Nalanda) mempelajari agama Buddha tersebut masih ada dan utuh, serta dapat dilihatnya secara langsung.

Dengan adanya candi tersebut, semakin menjelaskan, jika dulu telah terjalin hubungan erat antara Jambi dan India. Yaitu sejak zaman kerajaan di abad ke 8 dahulu telah terjadi pertukaran kebudayaan dan agama antara keduanya. Seperti adanya kemiripan bahasa dan barang yang digunakan. (Romy)
* www.ayojambi.com/