Sabtu, 28 Januari 2017

Gerimis Tidak Menghalangi Umat Khonghucu Sembahyang Imlek Di Klenteng Siu San Teng

JAMBI - Ribuan umat Khonghucu di Jambi sejak dini hari ramai-ramai mendatangi tempat ibadah Khonghucu untuk melakukan sembahyang bersama menyambut tahun baru Imlek 2568/ 2017 yang jatuh pada 28 Januari 2017 (Cia Gwe Ciu It) di Klenteng Siu San Teng “寿山亭”Jambi [Lihat Album : Umat Khonghucu Sembahyang Imlek 2568 Kongzili di Klenteng].
Umat Khonghucu di Kota Jambi tampak sangat khusyuk mengikuti sembahyang Imlek 2568 baik di klenteng-klenteng yang di bukan sejak pukul 00.00 Wib.

Kekhusyukan sembahyang Imlek 2568 kongzili di jaga ketat petugas kepolisan Polda Jambi dan Poltabes Jambi, setiap klenteng di jaga oleh puluhan Polisi Sabhara dan Brimob Gegana lengkap senjata serta anjing pelacak.

Nampaknya ribuan cahaya lilin ukuran besar dan kecil dinyalakan sejak Sabtu dini di dalam dan luar Klenteng Siu San Teng menambah kekhusyukan dalam melaksanakan sembahyang guna mengucap syukur atas karunia yang diberikan Thian “上帝” (Tuhan) dan Kongco (roh suci) Fuk Tek Chen Sen yang lebih di kenal dengan panggilan Tua Pek Kong 福德正神 yang selama setahun dan berharap agar di tahun baru ini senantiasa memberikan karunia yang baik.

Ribuan warga Tionghoa yang beragama Khonghucu berasal dari berbagai wilayah di kota Kota Jambi, ada juga yang sengaja datang dari Palembang, Pakan Baru (Riau), Medan, Batam dan Jakarta. mengikuti sembahyang di Klenteng Siu San Teng, yang berada di kawasan kampung manggis Jambi.

"Selain itu, sembahyang ini juga ditujukan untuk memohon keselamatan dan rezeki kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dalam hal ini, umat yang pekerja tentunya berharap supaya sukses dalam pekerjaannya, yang berdagang memohon agar dagangannya laris." (Romy)* https://www.facebook.com/makinjambi