Rabu, 05 April 2017

Pengusaha Dok Kapal Ziarah Makam Leluhur


JAMBI – Hari ini (5/4) keluarga besar Robin mendatangi pemakaman leluhur  mereka untuk sembahyang Ceng Beng (清明) atau penghormatan kepada leluhur (orangtua/ kakek) mereka yang dimakam di Taman Pemakaman Tionghoa Pondok Meja Jambi (占碑华人義山), kilometer 12, Kecamatan Pondok Meja, Kabupaten Muaro Jambi, Ceng Beng tahun ini jatuh pada tanggal 4 April 2017 (Sa Gwee Ciu Pwe Kongzeli), mereka datang dengan membawa berbagai perlengkapan sembahyang maupun aneka sesajian kesukaan orangtua [Lihat Album: Ziarah Makam Leluhur].
Robin (李静基) adalah pengusaha dok kapal terkemuka di PT. Cipta Naga Central, sejak pagi hari mereka mengunakan beberapa kendaraan untuk mengangkut berbagai sesajian atau makanan kesukaan almarhum orangtuanya dan puluhan karung kertas sembahyang yang lengkap dengan berbagai asesoris kebutuhan arwah seperti, pakaian jadi, sepatu, rokok, radio, televisi, alat dapur, emas batangan yang dikemas dalam bentuk karton tebal serta sesajin kesukaan orangtua/ leluhur,, seperti kebutuhan orang-orang hidup diatas dunia.
Ujar Robin, “Kita kirimkan berbagai kebutuhan orangtua (leluhur) kita yang berada dialam baka, disana mereka juga memerlukan apa yang kita pakai sehari-hari di dunia”.

Maka sebagai anak kita memiliki kewajiban untuk memberi hormat kepada orangtua/ leluhur yang telah wafat dengan cara menyembahyangi, imbuhnya.

Orang yang tidak lagi menghormati leluhur yang telah meninggal dianggap sebagai seorang anak durhaka, sebab mereka melupakan asal usul dan jasa dari para pendahulunya, bahkan melupakan akar kehidupannya sendiri. (Romy)* https://www.facebook.com/makinjambi