Senin, 23 Januari 2012

Warga Sambut Kehadiran Barongsai Dirumah

JAMBI – Rasanya kurang lengkap, apabila perayaan Tahun Baru Imlek 2563 ini tidak dilengkapi atraksi Liong dan Barongsai (reflika Naga dan Singa).

Untuk menyemarakkan tahun baru Imlek ke 2563 yang jatuh pada hari Senin (23/1-2012) ini, atraksi Liong dan Barongsai dari perkumpulan Hok Liong Sai di Koni IV, Kota Jambi tidak hanya dapat dinikmati di klenteng-klenteng atau pusat perbelanjaan saja, namun memeka setiap tahun mengunjungi rumah-rumah. Selain menjemput angpau, atraksi barongsai juga menyimpan makna religius, yaitu dipercayai masyarakat Tionghoa dapat mengusir segala roh jahat dan mendatangkan keberuntungan (rejeki).
Selain dapat dijumpai berbagai pernak pernik imlek di rumah-rumah warga, atraksi Barongsai dan Liong dijalanan juga menjadi salah satu hiburan tersendiri bagi warga masyarakat. Bahkan ada warga yang mengilingi kemana perginya rombongan Liong dan Barongsai.

Sejak pukul 07.00 pagi (23/1) tadi, perkumpulan Hok Liong Sai, telah mendatangi rumah-rumah warga untuk menyampaikan ucapan “Selamat Tahun Baru Imlek 2563.

Atraksi tersebut sangat ditunggu oleh warga Tionghoa yang merayakan imlek, juga merupakan hiburan tersendiri bagi masyarakat yang kebetulan melintasi jalan itu, hingga menghentikan kendaraannya untuk menyaksikannya atraksi Liong dan Barongsai. Liuk-liuk dan tarian yang digerakan pemain Liong dan Barongsai membuat siapa saja yang menyaksikan akan terasa kagum.

Seperti kata Chandra, warga Kamboja, setiap tahun rumahnya selalu dikunjungi rombongan Barongsai dan Liong, karena Chandra dan keluarga mempercayai bahwa Barongsai sarat dengan pesan-pesan religius yang diyakni dapat mengusir segala bentuk roh jahat serta mendatangkan keberuntungan sipemilik rumah, “setiap tahun baru Imlek, rombongan Barongsai selalu datang kerumah-rumah warga untk menyampaikan ucapan “Selamat Tahun Baru Imlek dan sekaligus untuk mengusir segala roh jahat yang terdapat dirumah-rumah dan juga diyakini dapat mendatangkan keberuntungan bagi warga.” (Rom-Yul)