Minggu, 27 Maret 2016

Perayaan Sejit Nan Hai Kwan Im Di Kelenteng Beng Shan Bio Jambi

JAMBI, ayojambi.com – Setiap penanggalan imlek Ji Gwee Cap Kao yang jatuh pada tanggal 27 Maret 2016, masyarakat tionghoa yang beragama Khonghucu maupun Buddha pada melakukan sembahyang merayakan sejit (ulang tahun) Nan Hai Kwan Im 慶祝南海觀音周年 (dewi asih), ada yang sembahyang di rumah-rumah, ada juga yang sengaja mendatangi kelenteng-kelenteng maupun vihara yang memiliki altar Kwan Im “觀音” [Lihat Gambar: Perayaan Sejit Nan Hai Kwan Im].

Hasil pantauan di Kelenteng Beng Shan Bio (明山廟) Jambi, berlokasi di Jalan Fatahilla (Lorong Gembira) Rt. 23,, Kelurahan Rajawali, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi. Beng Shan Bio merayakan sejit Nan Hai Kwan Im (dewi asih) secara sederhana oleh pengurus kelenteng beserta locu (panitia).
Umat yang turut merayakan sejit Nan Hai Kwan Im (dewi asih) cukup dilakukan secara sederhana, yaitu, setiap umat yang sembahyang cukup menyalakan tiga batang gaharu (hio) di altar Tie Kong (Tuhan red), sesajian buah-buahan segar dan permen. Sedangkan didalam kelenteng Beng Shan Bio umat cukup berdoa saja (tidak membawa gaharu/ hio).

Prosesi sembahyang sejit, di pimpin oleh Rohaniawan The Lien Teng dari Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) Sai Che Tien Jambi.

Nan Hai Kwan Im dikenal sebagai dewi asih yang sangat menyayangi dan pemerhati terhadap semua insan diatas muka bumi.

Sesajian yang dipersembahkan oleh umat terdiri dari berbagai buah-buahan segar, bunga segar dan berbagai sesajen pendamping seperti Cien Up (permen), Kim Cua/ kertas sembahyang. (Romy)
* www.ayojambi.com/