Sabtu, 17 Februari 2018

Perkhin Jambi Bagi-bagi Angpao Saat Tahun Baru Imlek 2569 Kongzili

JAMBI - Untuk kali pertama Tahun Baru Imlek 2018 Perempuan Khonghucu Indonesia (PERKHIN) Provinsi Jambi membagi-bagikan angpao kepada siswa-siswi Sekolah Khonghucu dan para guru agama Khonghucu di aula littang Nabi Kongzi (16/2-2018).

Ketua Perkhin Jambi Herwai dan bersama suaminya Hasan Andi Ng membeagi-bagikan angpao dan jeruk yang dimasukan ke dalam keranjang plastik, dengan gembira para siswa-siswi dan guru berbaris menerima angpao sambil mengucapkan Gong Xi Fa Chai "恭喜發財".
Adalah amplop merah yang biasanya berisikan sejumlah uang sebagai hadiah menyambut tahun baru Imlek. Sejak lama, warna merah melambangkan kebaikan dan kesejahteraan di dalam kebudayaan Tionghoa. Warna merah menunjukkan kegembiraan, semangat yang pada akhirnya akan membawa yang nasib baik bagi penerimanya.

Makna angpao sebenarnya bukan hanya sekedar perayaan tahun baru Imlek semata karena angpao melambangkan kegembiraan dan semangat yang akan membawa nasib baik, sehingga angpao juga ada di dalam beberapa perhelatan penting seperti pesta pernikahan, hari ulang tahun, syukuran naik rumah baru dan lain-lain yang bersifat suka cita.

Menurut tradisi, pemberian uang angpao tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Ada beberapa aturan yang dipercaya harus dilakukan sebelum memberikan angpao. Tujuannya agar uang angpao itu tetap membawa keberuntungan (Romy).
* https://www.facebook.com/makinjambi"